Institut Teknologi Massachusetts (Massachusetts Institute of Technologyatau MIT), adalah institusi riset swasta dan universitas yang terletak di kota Cambridge, Massachusetts tepat di seberang Sungai Charles dari distrik Back Bay di Boston, Amerika Serikat. MIT memiliki 5 sekolah dan satu kolese, mencakup 32 departemen yang mengkhususkan diri pada sains dan penelitian teknologi.

Didirikan tahun 1861 sebagai respon atas kemajuan teknologi dan industri di Amerika pada saat itu, universitas ini mengadopsi universitas riset ala Eropa. MIT sekarang berdiri di atas tanah seluas 168 are yang dibuka 1916. Dalam kurun waktu 60 tahun belakangan ini, MIT telah mengembangkan cabang lain sepertimanajemen, ekonomi, manajemen, ilmu politik, dan biologi. Departemen dan sekolah yang paling terkenal adalah Lincoln Laboratory, Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory, Media Lab, Whitehead Institute dan Sloan School of Management. 59 dari anggota dari komunitas MIT telah memenangkan Penghargaan Nobel. Untuk tahun ajaran 2009-2010, MIT memiliki 4,232 mahasiswa sarjana dan 6,152 mahasiswa pascasarjana. Kampus MIT Terbagi menjadi 2 bagian oleh Massachusetts Avenue, dengan asrama mahasiswa dan fasilitas untuk mahasiswa terdapat di sebelah barat dan sekolahnya di sebelah timur. Juga terdapat jaringan kereta api dekat Kendall Square yang terletak di sebelah timur laut kampus ini. Di sekeliling bangunan kampusnya terdapat banyak sekali perusahaan teknologi. Reaktor Nuklir MIT merupakan salah satu reaktor nuklir yang berbasis universitas terbesar di Amerika Serikat. Munculnya gedung reaktor di kawasan padat populasi ini memang agak kontroversial, tapi MIT mengatakan bahwa gedungnya sudah dalam pengawasan ketat. Kampus MIT juga memiliki terowongan angin bertekanan dan sebuah model kapal cekungan untuk mengetes kapal dan benda-benda kelautan. Jaringan nirkabel dalam kampus MIT sudah diselesaikan musim gugur 2005 yang bisa menjangkau lebih dari 873.000 m2 kawasan kampusnya.

Laboratorium Reaktor Nuklir

Reaktor Nuklir MIT Laboratorium (MIT-NRL) adalah sebuah laboratorium universitas yang melakukan penelitian interdisipliner (lintas bidang keilmuan) antara lain di bidang bahan bakar dan sistem energi nuklir, ilmu nuklir, kedokteran nuklir, dan ilmu pengetahuan dan teknologi radiasi. 5 MW Reaktor Nuklir MIT (MITR) dilengkapi dengan fasilitas eksperimental yang dapat digunakan baik di dalam dan luar MIT. Laboratorium ini juga memberikan bantuan teknis untuk proyek-proyek penelitian untuk siswa SMA, mahasiswa sarjana dan pascasarjana, peneliti universitas dan anggota dari berbagai fakultas dan juga bagi para ahli atau peneliti yang melakukan penelitian di laboratorium. Laboratorium ini berdiri sejak tahun 1958. MIT-NRL terpilih sebagai laboratorium terbaik oleh New England Konsorsium pada program DOE’s Innovations in Nuclear Infrastructure and Education (INIE). Dengan pendanaan dari INIE, penelitian berkelanjutan untuk mendukung sistem energi nuklir dan bahan bakar yang penting untuk kedua reaktor GenIV dan Next Generation Nuclear Plants (NGNP). MIT Reaktor Nuklir (MITR) merupakan fasilitas untuk riset dari Massachusetts Institute of Technology dalam bidang nuklir. Ini adalah reaktor tank-type 5 MW yang dimoderasi dan didinginkan oleh light water dan menggunakan heavy water sebagai reflektor. Ini adalah fasilitas penelitian terbesar kedua yang dimiliki oleh sebuah universitas di AS (setelah University of Missouri Reaktor Riset Center) dan telah beroperasi sejak 1958 yang juga merupakan reaktor tertua keempat di AS

sumber : wikipedia dan berbagai sumber lainnya